Harapan itu selalu ada untuk orang-orang yang tidak mudah menyerah! Semangaaaaaaaaaaaaaat! :)

Selasa, 11 Juni 2013

TUGAS KEPARIWISATAAN 4

Pertanyaan :

1.                 Berikan analisis kekurangan dan kelebihan pariwisata secara
             individu dan group !
2.                 Apa tujuan penyelenggaraan jasa pariwisata menyediakan

          “supporting tourism superstructure” ?

Jawab :
1.     Pariwisata secara Individu :
·        Individual Tour ( Wisatawan Perorangan ) , yaitu perjalanan wisata yang dilakukan oleh satu orang atau sepasang suami-isteri.
·        Secara Group dibagi menjadi dua, yaitu :

a.    Family Group Tour (wisata keluarga), yaitu suatu perjalanan wisata yang dilakukan oleh serombongan keluarga yang masih mempunyai hubungan kekerabatan satu sama lain.
b.    Group Tour (wisata rombongan), yaitu suatu perjalanan wisata yang dilakukan bersama-sama dengan dipimpin oleh seorang yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kebutuhan seluruh anggotanya. Biasanya paling sedikit 10 orang, dengan dilengkapi diskon dari perusahaan prinsipal bagi orang yang kesebelas. Potongan ini besarnya berkisar antara 2 hingga 50% dari ongkos penerbangan atau penginapan.

·        KEKURANGAN & KELEBIHAN PARIWISATA SECARA INDIVIDU DAN GROUP :
a.     KEKURANGAN :
v  Secara Individu :
-         Kebanyakan para wisatawan individu yang baru sekali melancong ke tempat wisata tujuannya itu kesulitan dalam mengetahui letak/ posisi pasti objek wisata yang dituju.
-         Kerepotan mengatur segala sesuatu sendiri, seperti: dimana akan menginap, mengurus passport & visa sendiri, dan sebagainya.
-         Para wisatawan harus mencari & mengetahui terlebih dahulu tentang informasi-informasi dari objek wisata yang akan dikunjungi, misalnya: jalur-jalur yang ditempuh untuk mencapai objek wisata, info biaya/harga-harga yang ditawarkan untuk penginapan,souvenir, atau pun untuk tiket masuk, dll.
-         Wisatawan individu harus meningkatkan kewaspadaan dua kali lipat daripada wisatawan group karena aksi kejahatan tidak dipungkiri bisa terjadi kapan saja, sekalipun kita sedang berwisata. Untuk wisatawan individu bisa dikatakan kalah jumlah dengan wisatawan group yang bisa saling menjaga & mengawasi satu sama lain, sehingga tindak kejahatan lebih beresiko pada wisatawan individu.

v   Secara Group :
-         Perjalanan wisata kita terikan dengan peraturan dari biro jasa.
-         Terkadang waktu yang diberikan kurang lama, jadi kita hanya sebentar menikmati pemandangan objek wisata tersebut.
-         Tempat yang akan dikunjungi pasti dibatasi sesuai dengan paket pariwisata yang diambil wisatawan group.

b.     KELEBIHAN :
v  Secara Individu :
-         Wisatawan bebas menentukan waktu kapan akan mulai untuk melakukan perjalanan wisata.
-         Bebas mengunjungi tempat wisata yang ingin kita kunjungi tanpa batasan objek wisata.
-         Lebih menghemat biaya, karena kita tidak perlu menyewa jasa Tour Guide untuk memandu kita.

v  Secara Group :
-         Jika dalam group, bisa dikatakan para wisatawan group itu terima beres. Karena biasanya wisatawan group membeli paket wisata dalam berbagai penawaran menarik dari biro jasa, misalnya: paket wisata hemat.
-         Kita tidak perlu mencari-cari info lagi tentang tempat wisata yang akan dituju karena dari biro jasa biasanya disediakan Tour Guide untuk memandu & mendampingi kita.
-         Segala sesuatunya sudah terorganisir oleh biro jasa.
-         Dalam group, kita bisa merasakan kebersamaan berwisata dan bisa saling menjaga satu sama lain.

2.     Supporting tourism superstructure termasuk dalam Sarana Wisata.
                
             Sarana penunjang pariwisata (Supporting Tourism Superstructures) adalah pariwisata yang menunjang sarana pelengkap dan sarana pokok berfungsi tidak hanya membuat wisatawan tinggal lebih  lama pada daerah tujuan wisata. Tetapi tujuan utamanya adalah agar wisatawan baik domestik maupun mancanegara lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjunginya, misanya kios-kios Souvenir shop, Entertainment, Mailling service, dan fasilitas lainnya yang memudahkan wisatawan mendapatkan fasilitas tersebut.

           




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.