PROPOSAL BISNIS RESTORAN
(USAHA BERSAMA)
“COSTUME
DISH MORO”
Disusun oleh:
Meilani Yunda
Pratiwi (14612527)
Triswati (17612484)
3 SA 04
I.
LATAR BELAKANG
Perkembangan usaha di Indonesia kian
semarak dan bermacam-macam. Dari yang konsepnya biasa saja hingga yang berani menggunakan
konsep yang unik, kreatif bahkan ‘gila’. Banyak para pengusaha berlomba-lomba
untuk membuka usaha yang berhubungan dengan kuliner (restoran, café, fastfood, dan lain-lain), pertokoan (toko baju, toko kelontong, dan
lain-lain) sablon, bidang teknologi dan jasa (warung internet, counter, service
center, jasa travel and tour, dan
lain-lain). Dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan meraup untung karena
ide-ide unik yang dijadikan konsep usaha serta ciri khas dari produk usaha
mereka.
Dari sekian banyak lahan bisnis, bisnis
kuliner lah yang paling banyak peminatnya karena “makanan” berkaitan dengan
kebutuhan pokok manusia. Selain itu, usaha yang kami rencanakan ini adalah
usaha bersama (join) yang terdiri
dari beberapa orang dan bukan bisnis perorangan. Tujuan kami melakukan usaha
bersama ini yaitu untuk menyatukan ide kami dan merealisasikannya, juga agar
meringankan biaya modal awal. Karena modal awal akan dihimpun dari beberapa
orang sehingga tidak akan terlalu membebankan.
Karena itulah kami berniat mendirikan
sebuah usaha kuliner (semacam restoran) yang berasal dari penggabungan dua
jenis usaha yang sama-sama membidik bidang kuliner atau makanan. Namun, usaha
kami ini berkonsep tentang kostum
(seperti kostum cosplay anime,
kartun, tokoh-tokoh dari dunia dongeng, tokoh-tokoh perjuangan, tokoh-tokoh
dalam film Harry Potter dan film-film lainnya, tokoh-tokoh pahlawan super
seperti superman, batman, spiderman, the
avengers dan masih banyak lagi) dan makanan. Kami akan menamakan tempat
usaha kami ini dengan nama “COSTUME DISH MORO”. Yang berasal
dari penggabungan dua ide awal dari masing-masing kami yang berniat membuka
usaha makanan bernama “COSTUME DISH” dan “PODO
MORO”. Dari penyatuan itu, kami sepakat untuk menonjolkan konsep yang
unik dari “COSTUME DISH” dan mengaplikasikan ciri khas resep ayam “PODO
MORO” yang akan kami tambahkan ke dalam daftar menu khas Indonesia.
Mengenai penambahan nama ‘Moro’
sendiri didasarkan pada kesepakatan kami yang sama-sama berasal dari Jawa
Tengah dan memiliki harapan agar restoran kami banyak digandrungi dan
dikunjungi oleh pelanggan. Moro berasal dari bahasa Jawa yang berari “datang”, yang dalam penafsiran dan
harapan kami bahwa penamaan tersebut dapat menarik minat banyak pelanggan.
Dan yang paling
penting dari bisnis kuliner ini adalah kami ingin memperkenalkan sebuah konsep
baru tentang makanan bagi para pecinta kuliner. Selain itu, kami juga akan
selalu mengedepankan kualitas, rasa, nilai gizi, serta kepuasan pelanggan. Kami
juga tidak hanya ingin melestarikan makanan Indonesia melalui menu yang
tersedia tetapi juga memperkenalkan makanan-makanan dari belahan dunia lain
agar menambah pengetahuan masyarakat Indonesia akan beragam jenis menu khas
dari negara lain.
II. MANFAAT USAHA
Berikut ini manfaat dari ide usaha kuliner
kami dari segi ekonomi dan sosial:
A. EKONOMI
Dilihat
dari segi ekonomi, bisnis kuliner ini sangat menjanjikan dan dapat memudahkan
para pecinta kuliner untuk menikmati makanannya dengan konsep yang unik. Serta
dapat menikmati makanan-makanan dari beberapa negara terpilih. Jenis dan harga
makanannya pun bervariasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.
Dengan
didirikannya restoran ini, juga dapat membantu pemerintah mengurangi angka
pengangguran di Indonesia. Dengan mempekerjakan ± 22 orang yang terdiri dari: 7
pelayan khusus pengantar makanan, 4 orang koki ahli dan 2 orang asisten koki
(selengkapnya dapat dilihat dalam tabel perencanaan anggaran yang telah
tercantum di bagian akhir).
B. SOSIAL
Dari segi sosial, bisnis kuliner ini
memiliki target pasar (sasaran pelanggan) tertentu yang tentunya tidak akan
mengusik para pelanggan dari pihak kompetitor dari bidang bisnis yang sama
yaitu di bidang kuliner.
Bisnis kuliner yang satu ini juga dapat
menambah wawasan para pelanggan mengenai beragam kuliner yang tersaji sesuai
negara-negara asal dari kostum-kostum bertema around the world, classic, and futuristic yang tersedia di restoran
dan juga mengenai kostum tradisional Indonesia yang memang dari negeri sendiri
serta dari luar negeri.
III.
RUMUSAH MASALAH
1.
Apakah
keunggulan dari “COSTUME DISH MORO”?
2.
Siapakah
segmentasi pasar dari “COSTUME DISH MORO”?
3.
Bagaimana
langkah-langkah promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan serta menarik minat
masyarakat agar tidak segan dan tidak bosan untuk datang ke “COSTUME
DISH MORO”?
IV. PRODUK
COSTUME DISH
MORO
ini bukanlah sekedar tempat makan biasa. Tempat ini akan menjadi sangat menarik
bagi para pecinta kuliner dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.
Rencananya, menu yang tersedia di sini tidak hanya menu makanan Indonesia
tetapi juga menu makanan beberapa negara lain yang terpilih karena keunikan
makanan dan kostum-kostumnya.
Beberapa contoh
nama menu makanan yang akan disajikan oleh “COSTUME DISH MORO” di
antaranya adalah:
a. Dry
Ramen Kagebunshin no Jutsu
Ramen tanpa kuah ini bernama salah satu jurus andalan Naruto yaitu
jurus seribu bayangan yang bisa membantu Naruto untuk menggandakan dirinya.
Dalam menu ini, ramennya dibungkus dengan lembaran telur dadar yang akan
membuat ramen tersembunyi dan menyimpan banyak rahasia di dalamnya. Membuat
pelanggan akan penasaran apakah isi di dalamnya
selain ramen.
b.
Rasengan
Ramen
Rasengan ramen merupakan menu ramen lainnya yang mengutamakan cara
makannya agar terasa lebih enak di lidah. Caranya pengujung harus memutar-mutar
mie ramennya menggunakan sumpit dengan kecepatan tinggi seperti yang
dilakukan Naruto dalam jurus rasengannya.
c.
Rembo Chicken Race
Terinspirasi dari seekor ayam bernama Rembo peliharaan Atuk Dalang
dalam serial kartun Upin Ipin asal Malaysia, kami mencoba menyajikan kuliner
olahan ayam khas Malaysia “Ayam Goreng Mentega” tetapi menggunakan ayam-ayam
lokal yang masih segar. Yang kemudian akan diolah oleh koki ahli restoran kami
dengan teknik-teknik khusus agar menimbulkan cita rasa yang sama seperti dari
negara asalnya.
Penamaan menunya juga tidak sama persis seperti menu asalnya
karena menu ini bisa jadi nantinya akan menjadi sesuatu yang biasa-biasa saja.
Bertolak belakang dengan itu, kami ingin menyajikan sesuatu yang luar biasa dan
menarik untuk para pelanggan yang lapar namun tidak meninggalkan ciri khas
makanan dari negeri asalnya. Karena itulah, menu tersebut kami variasikan
sedikit dari bentuk aslinya namun tetap mempertahankan cita rasa ala
Malaysia-nya. Penambahan “Race” juga dimaksudkan karena pelanggan dipastikan
akan berlomba-lomba untuk segera menghabiskan hidangan olaha ayam yang lezat
ini. Ide olahan-olahan ayam ini awalnya berasal dari usulan sang pemilik ide “PODO
MORO”.
Dalam jangka waktu tertentu (±
seminggu hingga dua minggu sekali) pihak restoran akan mengganti tema kostum
dan juga dekorasinya agar selalu sesuai dengan tema kostumnya. Misalnya, ketika
pelanggan datang dan di luar restoran terdapat beberapa Naruto yang sedang
menggunakan jurus seribu bayangan untuk menggandakan diri dan menyambut
pelanggan, maka tema hari itu adalah kostum dari anime Naruto. Seluruh staff akan mengenakan kostum dengan karakter
yang berbeda-beda dan akan bertingkah laku layaknya tokoh-tokoh yang kostumnya
mereka kenakan. Restoran akan berusaha untuk terus mengembangkan kreatifitas,
variasi, dan inovasi agar terus menarik pengunjung untuk datang dan tidak mudah
bosan.
Berikut beberapa
keunggulan dari restoran “COSTUME DISH MORO” ini:
1.
Restoran
ini menyediakan makanan-makanan dengan mutu serta kebersihannya yang terjamin
dan juga rasa yang tidak hanya enak tetapi juga unik dan pastinya bergizi serta
menjamin kehalalan makanannya. List menunya
pun bervariasi dan tidak hanya menyediakan makanan-makanan terbaik dari
Indonesia tetapi juga dari beberapa negara terpilih yang memiliki menu-menu
unik seperti dari Jepang, Korea, Taiwan, China, Thailand, Eropa, Amerika, dan
lain-lain.
2.
Restoran
ini mudah dijangkau oleh para pelanggan karena letaknya yang strategis berada
di dekat pusat kota serta berada pada trayek angkutan umum untuk pelanggan yang
tidak menggunakan kendaraan pribadi.
3.
Meskipun
restoran ini berada di dekat pusat kota, restoran ini juga akan mengusung
konsep go green dengan menanami
pepohonan di sekitar restoran juga menggunakan produk-produk pendukung restoran
yang ramah lingkungan.
4.
Pelanggan
tidak hanya disuguhi oleh keunikan dekorasi ruangan serta seluruh staffnya yang
mengenakan kostum, tetapi pelanggan juga dapat meminjam berbagai macam kostum
(untuk semua umur dan segala ukuran) yang telah disediakan oleh pihak restoran
dan dapat dipinjam secara gratis dengan syarat tertentu.
5.
Pengunjung
dapat mengambil foto bersama teman-teman, pasangan atau pun keluarga di
beberapa spot cantik yang telah disediakan oleh pihak restoran (taman bunga,
miniatur bangunan kota-kota tertentu atau
icon kota tertentu di luar negeri, kebun organik, pemandangan alam, atau indoor studio yang berada di dalam
restoran, dan lain-lain) mereka dapat menyewa jasa fotografer di restoran yang
biayanya sudah termasuk untuk cetak foto atau bisa juga menggunakan kamera
Polaroid yang disediakan restoran juga bisa menggunakan kamera ponsel sendiri
yang tidak dipungut biaya. Jika memilih kamera Polaroid, pengunjung dapat
menggantungkannya sebagai kenang-kenangan di photo hanger yang telah tersedia di pintu masuk dan beberapa tempat
di restoran.
6.
Restoran
ini juga setiap minggu atau setiap bulannya akan mengadakan kompetisi untuk
pelanggan (antar teman, pasangan, atau keluarga) yang berhadiah gratis foto bersama
yang nantinya akan dicetak ke dalam sebuah album atau gratis mendapatkan satu
buah baju unik dari tokoh-tokoh yang ada dan juga voucher makan.
7.
Restoran
ini menyediakan toko yang terletak dekat pintu masuk agar mudah dilihat dan
dijangkau serta menarik para pelanggan. Toko ini menyediakan souvenir serta menjual berbagai macam
kostum yang telah dikemas secara apik, rapi, dan menawarkan harga yang masuk
akal sesuai dengan kostum yang terjamin mutunya.
V.
ANALISIS
SWOT
A. FAKTOR INTERNAL
KEKUATAN
ü
Restoran
ini memiliki keunikan dari segi menu makanan dan konsep pelayanannya yang tidak
ada di restoran-restoran lain.
ü
Restoran
ini menjamin kualitas, rasa, nilai gizi, serta kepuasan pelanggan dan juga
kehalalan makanannya karena restoran ini berdiri di negara yang memiliki
mayoritas beragama Islam.
KELEMAHAN
Tidak
semua lidah orang Indonesia cocok dengan makanan asal negeri lain, sebab itu
pihak restoran akan berusaha menyesuaikan beberapa menu yang bahannya dapat
disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.
B. FAKTOR EKSTERNAL
KEKUATAN
ü
Restoran
ini didukung oleh beberapa komunitas pecinta cosplay dan kostum yang dapat membantu mempromosikan restoran ini.
ü
Restoran
ini juga didukung oleh para pecinta kuliner unik yang juga tergabung dalam kaum
netizen sehingga dapat membantu mempromosikan restoran melalui akses dunia maya
yang tidak terbatas jangkauannya. Sehingga semua orang dapat mengakses info
mengenai restoran kami.
KELEMAHAN
Tidak
semua orang menyukai cosplay dan
tokoh-tokoh dari dunia dongen atau perfilman, bahkan banyak juga yang belum
mengetahui soal tokoh-tokoh tersebut.
VI.
RENCANA
USAHA
Setelah
mengamati perkembangan restoran dan pertambahan pelanggan serta meningkatnya
penjualan baik dari menu dan juga kostum setelah ± satu tahun. Maka pihak
restoran akan menambahkan beberapa strategi baru untuk mempertahankan kualitas
dan kuantitas restoran dan meningkatkan pelayanan untuk kepuasan pelanggan
serta penambahan laba bagi restoran.
Restoran juga
akan bekerja sama dengan beberapa sponsor, produk-produk tertentu agar dapat
terus mengembangkan restoran menjadi restoran terbaik untuk para pelanggan.
Tidak dipungkiri untuk restoran membuka cabang di daerah atau kota-kota lain di
Indonesia dan restoran berharap agar dapat go
internasional dan membuka cabang di luar negeri. Disamping untuk
meningkatkan penjualan juga sekaligus dapat “mempromosikan” kuliner Indonesia
kepada negara lain.
VII.
ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
A.
TARGET
PASAR
Target pasar
dari restoran ini adalah seluruh kalangan menengah ke atas.
B.
PESAING
Karena makan
adalah kebutuhan pokok manusia, maka tidak heran jika restoran “COSTUME
DISH MORO” akan memiliki banyak pesaing. Tetapi adanya kehadiran
pesaing justru membuat kami semakin terpacu untuk bersaing secara sehat dengan
terus meningkatkan kualitas dan kuantitas restoran.
C.
SASARAN PEMBELI
Restoran ini
menargetkan sasaran pembeli dari seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja
hingga orang dewasa.
D.
STRATEGI
PEMASARAN
Strategi
pemasaran restoran “COSTUME DISH MORO” ini adalah:
1.
Memasang
iklan di banner, baliho, maupun
melalui berita kuliner di televisi.
2. Memberikan
selebaran kepada pelanggan yang berlalu lalang atau mendirikan stand di luar
restoran.
3. Mengadakan
acara tertentu seperti perlombaan makan yang berhadiah kostum atau voucher
makan gratis.
4.
Mengikuti
gelaran kuliner yang diadakan oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga tertentu.
5.
Bekerjasama
dengan netizen dan pecinta cosplay
dan tokoh-tokoh kartun, film, dan lain-lain untuk mempromosikan kepada
penggemar tokoh-tokoh tersebut untuk datang ke restoran (bisa juga dikatakan
sebagai strategi dari mulut ke mulut).
6.
Mendaftarkan
restoran pada situs-situs pencarian restoran yang kian marak dan sedang booming di kalangan netizen dan
masyarakat gadget. Misalnya pada
Zomato.com, sebuah situs yang diciptakan untuk membantu orang menemukan dan
menghubungkan dengan tempat makan terbaik di sekitar mereka. Sejenis dengan
Zomato.com, ada juga situs dan beberapa aplikasi yang tersedia di Appstore atau
Google Playstore lainnya seperti Abraresto.com, OpenRice.com, Makan di Mana,
Qraved, MakanLuar.com, Food Panda, Klik-Eat.com, Raja-Makan.co.id, dan
lain-lain.
7.
Membuat
situs khusus restoran sendiri dengan nama domain atau URL www.CDMrestaurant.com untuk
memudahkan pelanggan mencari tahu segala informasi mengenai restoran kami dan
bisa juga untuk reservasi tempat. Untuk pemesanan makanan dapat juga melalui telepon.
Kami juga akan ikut membaur bersama netizen melalui akun jejaring sosial facebook, twitter, dan instagram agar bisa lebih dekat dengan
masyarakat gadget.
VIII.
LANGKAH-LANGKAH PROMOSI
Berikut langkah-langkah
promosi yang diusung oleh restoran “COSTUME DISH MORO” yaitu:
1. Mendirikan
stand di luar restoran untuk mengadakan lomba makan yang berhadiah kostum atau
voucher makan gratis.
2. Mendatangi
acara-acara seperti J-culture dan
lain-lain untuk mempromosikan secara langsung pada penggemar cosplay dan tokoh-tokoh kartun, film,
dan lain-lain.
3. Memberikan
diskon di hari-hari tertentu untuk para pelanggan.
4. Membuka
penyewaan gedung restoran untuk acara-acara tertentu.
IX.
ANALISIS
OPERASIONAL
Apabila restoran “COSTUME DISH MORO” ini
dapat menghasilkan laba yang lumayan bagus setelah ± dua tahun bisnis ini
berjalan, maka restoran telah balik modal. Dan jika usaha ini terus berkembang
dan dapat diterima oleh masyarakat luas maka restoran masih terus dapat
bertahan dan hanya perlu mengembangkan ide-ide baru agar usaha ini terus
berjalan dan tidak mengalami rugi.
RENCANA ANGGARAN
Modal Awal yang
dibutuhkan:
A: Rp 100 juta
(pemilik ide “COSTUME DISH”)
B: Rp 100 juta
(pemilik ide “PODO MORO”)
C: Rp 200 juta
(investor / pinjaman)
────────── +
Jumlah:
Rp 400 juta
No.
|
Kebutuhan Peralatan
Restoran
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Mesin kasir
|
1 buah
|
Rp 5.000.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Meja
|
7 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 10.500.000
|
3
|
Semua Kebutuhan
Dekorasi
|
-
|
Rp 3.000.0000
|
Rp 30.000.000
|
4
|
Telepon
|
2 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 400.000
|
5
|
Kursi
|
35 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 3.500.000
|
Jumlah
|
Rp 49.400.000
|
Tabel 1.1
Kebutuhan Peralatan Restoran
No.
|
Kebutuhan Costume Shop
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Manekin
|
2 buah
|
Rp 2.500.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Kostum
|
300 buah
|
Rp 50.000
|
Rp 15.000.000
|
3
|
Kantong untuk kostum
|
100 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 1.000.000
|
4
|
Tempat untuk memajang kostum
|
5 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 1.000.000
|
Jumlah
|
Rp 22.000.000
|
Tabel 1.2
Kebutuhan Costume Shop
No.
|
Kebutuhan Costumer Rooms & Facilities
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Wi-Fi Connection
|
1 router
|
Rp 5.000.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Photo hanger
|
20 meter
|
Rp 5.000 per meter
|
Rp 100.000
|
3
|
Penjepit foto
|
100 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 200.000
|
4
|
Plug (charger)
|
20 buah
|
Rp 25.000
|
Rp 500.000
|
5
|
Free Snack (4 jenis snack)
|
4 jenis
|
Rp 100.000
|
Rp 400.000
|
6
|
Snack Case
|
4 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 400.000
|
7
|
AC (Air Conditioner)
|
5 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 7.500.000
|
8
|
Kipas Angin
|
2 buah
|
Rp 250.000
|
Rp 500.000
|
9
|
TV Karaoke
|
7 buah
|
Rp 1.000.000
|
Rp 7.000.000
|
10
|
Speaker
|
10 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 1.000.000
|
11
|
Wastafel
|
7 buah
|
Rp 300.000
|
Rp 2.100.000
|
12
|
Toilet Duduk
|
2 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 3.000.000
|
13
|
Toilet Jongkok
|
1 buah
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
14
|
Lampu
|
20 buah
|
Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
Jumlah
|
Rp 29.100.000
|
Tabel 1.3
Kebutuhan Costumer Rooms & Facilities
No.
|
Kebutuhan Promosi
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Poster
|
50 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 5.000.000
|
2
|
Banner
|
10 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 2.000.000
|
3
|
Baliho
|
1 buah
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
4
|
Neon Box
|
1 buah
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
5
|
Selebaran (pamflet)
|
100 lembar
|
Rp 5.000
|
Rp 500.000
|
Jumlah
|
Rp 9.000.000
|
Tabel 1.4
Kebutuhan Promosi
No.
|
Lain-lain
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Biaya Listrik
|
-
|
-
|
Rp 2.000.000
|
2
|
Biaya Air
|
-
|
-
|
Rp 2.000.000
|
3
|
Biaya Telepon
|
-
|
-
|
Rp 2.000.000
|
Jumlah
|
Rp 6.000.000
|
Tabel 1.5
Kebutuhan Lainnya
No.
|
Kebutuhan Makanan & Peralatan Dapur
|
Jumlah Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Semua jenis bumbu dapur menu Indo
|
-
|
-
|
Rp 10.000.000
|
2
|
Semua jenis bumbu dapur menu AT & ME*
|
-
|
-
|
Rp 20.000.000
|
3
|
Semua jenis bumbu dapur menu West
|
-
|
-
|
Rp 20.000.000
|
4
|
Bahan utama menu Indonesia
|
-
|
-
|
Rp 15.000.000
|
5
|
Bahan utama menu AT & ME*
|
-
|
-
|
Rp 20.000.000
|
6
|
Bahan utama menu West
|
-
|
-
|
Rp 20.000.000
|
7
|
Bahan untuk menu Dessert
|
-
|
-
|
Rp 10.000.000
|
8
|
Menu Book
|
14 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 1.400.000
|
9
|
Kompor Gas
|
5 buah
|
Rp 300.000
|
Rp 1.500.000
|
10
|
Gas LPG ukuran 50kg
|
2 buah
|
Rp 500.000
|
Rp 1.000.000
|
11
|
Kulkas (Lemari Pendingin)
|
2 buah
|
Rp 20.000.000
|
Rp 40.000.000
|
12
|
Kitchen Set
|
1 set
|
Rp 10.000.000
|
Rp 10.000.000
|
13
|
Microwave
|
1 buah
|
Rp 2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
14
|
Oven
|
3 buah
|
Rp 2.000.000
|
Rp 6.000.000
|
15
|
Ricecooker
|
2 buah
|
Rp 250.000
|
Rp 500.000
|
16
|
Blender
|
3 buah
|
Rp 500.000
|
Rp 1.500.000
|
17
|
Mixer
|
2 buah
|
Rp 500.000
|
Rp 1.000.000
|
18
|
Penggorengan
|
3 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 600.000
|
19
|
Panci
|
3 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 600.000
|
20
|
Teflon
|
5 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 1.000.000
|
21
|
Piring saji
|
35 buah
|
Rp 50.000
|
Rp 1.750.000
|
22
|
Piring & mangkuk dessert
|
30 buah
|
Rp 20.000
|
Rp 600.000
|
23
|
Gelas
|
35 buah
|
Rp 30.000
|
Rp 1.050.000
|
24
|
Pisau
|
20 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 200.000
|
25
|
Sendok
|
35 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 350.000
|
26
|
Garpu
|
35 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 350.000
|
27
|
Spatula
|
3 buah
|
Rp 50.000
|
Rp 150.000
|
28
|
Serok
|
3 buah
|
Rp 30.000
|
Rp 90.000
|
29
|
Sedotan (50 buah per bungkus)
|
3 bungkus
|
Rp 10.000
|
Rp 30.000
|
30
|
Scoop Ice Cream
|
5 buah
|
Rp 25.000
|
Rp 125.000
|
31
|
Kocokan telur
|
5 buah
|
Rp 20.000
|
Rp 100.000
|
32
|
Pemanggang roti
|
2 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 3.000.000
|
33
|
Baskom
|
5 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 50.000
|
34
|
Loyang
|
10 buah
|
Rp 20.000
|
Rp 200.000
|
35
|
Nampan
|
20 buah
|
Rp 20.000
|
Rp 400.000
|
36
|
Sendok sayur
|
2 buah
|
Rp 150.000
|
Rp 300.000
|
Jumlah
|
Rp 191.345.000
|
Tabel 1.6
Kebutuhan Makanan & Peralatan Dapur
No.
|
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
|
Jumlah Org/Benda
|
Harga Satuan
|
Harga Keseluruhan
|
1
|
Seragam Chef
|
10 buah
|
Rp 200.000
|
Rp 2.000.000
|
2
|
Chef Spesial Menu Indonesia
|
1 orang
|
Rp 10.000.000
|
Rp 10.000.000
|
3
|
Chef Spesial Menu AT & ME*
|
1 orang
|
Rp 10.000.000
|
Rp 10.000.000
|
4
|
Chef Spesial Menu West
|
1 orang
|
Rp 10.000.000
|
Rp 10.000.000
|
5
|
Assisten Chef
|
2 orang
|
Rp 5.000.000
|
Rp 10.000.000
|
6
|
Chef Spesial Menu Dessert
|
1 orang
|
Rp 8.000.000
|
Rp 8.000.000
|
7
|
Seragam Karyawan
|
20 buah
|
Rp 150.000
|
Rp 3.000.000
|
8
|
Karyawan (to Serve)
|
5 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 3.500.000
|
9
|
Karyawan (to be cashier)
|
2 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 1.400.000
|
10
|
Karyawan (to wait the costume shop)
|
3 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 2.100.000
|
11
|
Karyawan (to manage reservation & greet the costumer)
|
2 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 1.400.000
|
12
|
Karyawan (Clean the rooms and wash the dish)
|
4 orang
|
Rp 700.000
|
Rp 2.800.000
|
13
|
Fotografer lepas
|
1 orang
|
Rp 5.000.000
|
Rp 5.000.000
|
Jumlah
|
22 orang
|
Rp 68.800.000
|
Tabel 1.7
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
*AT: Asia Tenggara &
ME: Middle East
No.
|
Kebutuhan
|
Biaya
|
1
|
Kebutuhan Peralatan Restoran
|
Rp 49.400.000
|
2
|
Kebutuhan Costume Shop
|
Rp 22.000.000
|
3
|
Kebutuhan Costumer Rooms &
Facilities
|
Rp 29.100.000
|
4
|
Kebutuhan Promosi
|
Rp 9.000.000
|
5
|
Lain-lain
|
Rp 6.000.000
|
6
|
Kebutuhan Makanan & Peralatan
Dapur
|
Rp 191.345.000
|
7
|
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
|
Rp 68.800.000
|
Jumlah
|
Rp 375.645.000
|
Tabel 1.8 Biaya
Kebutuhan Keseluruhan
Meilani
Yunda Pratiwi (14612527) & Triswati (17612484)
3
SA 04
Komunikasi
Bisnis #Softskill
Contact
Person:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.