Harapan itu selalu ada untuk orang-orang yang tidak mudah menyerah! Semangaaaaaaaaaaaaaat! :)

Sabtu, 16 Mei 2015

PROPOSAL BISNIS RESTORAN (USAHA BERSAMA)

PROPOSAL BISNIS RESTORAN (USAHA BERSAMA)
COSTUME DISH MORO


Disusun oleh:
Meilani Yunda Pratiwi   (14612527)
Triswati                          (17612484)

3 SA 04

I.         LATAR BELAKANG

      Perkembangan usaha di Indonesia kian semarak dan bermacam-macam. Dari yang konsepnya biasa saja hingga yang berani menggunakan konsep yang unik, kreatif bahkan ‘gila’. Banyak para pengusaha berlomba-lomba untuk membuka usaha yang berhubungan dengan kuliner (restoran, café, fastfood, dan lain-lain), pertokoan (toko baju, toko kelontong, dan lain-lain) sablon, bidang teknologi dan jasa (warung internet, counter, service center, jasa travel and tour, dan lain-lain). Dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan meraup untung karena ide-ide unik yang dijadikan konsep usaha serta ciri khas dari produk usaha mereka.

      Dari sekian banyak lahan bisnis, bisnis kuliner lah yang paling banyak peminatnya karena “makanan” berkaitan dengan kebutuhan pokok manusia. Selain itu, usaha yang kami rencanakan ini adalah usaha bersama (join) yang terdiri dari beberapa orang dan bukan bisnis perorangan. Tujuan kami melakukan usaha bersama ini yaitu untuk menyatukan ide kami dan merealisasikannya, juga agar meringankan biaya modal awal. Karena modal awal akan dihimpun dari beberapa orang sehingga tidak akan terlalu membebankan.

      Karena itulah kami berniat mendirikan sebuah usaha kuliner (semacam restoran) yang berasal dari penggabungan dua jenis usaha yang sama-sama membidik bidang kuliner atau makanan. Namun, usaha kami ini berkonsep tentang kostum (seperti kostum cosplay anime, kartun, tokoh-tokoh dari dunia dongeng, tokoh-tokoh perjuangan, tokoh-tokoh dalam film Harry Potter dan film-film lainnya, tokoh-tokoh pahlawan super seperti superman, batman, spiderman, the avengers dan masih banyak lagi) dan makanan. Kami akan menamakan tempat usaha kami ini dengan nama “COSTUME DISH MORO”. Yang berasal dari penggabungan dua ide awal dari masing-masing kami yang berniat membuka usaha makanan bernama “COSTUME DISH” dan “PODO MORO”. Dari penyatuan itu, kami sepakat untuk menonjolkan konsep yang unik dari “COSTUME DISH” dan mengaplikasikan ciri khas resep ayam “PODO MORO” yang akan kami tambahkan ke dalam daftar menu khas Indonesia. Mengenai penambahan nama ‘Moro’ sendiri didasarkan pada kesepakatan kami yang sama-sama berasal dari Jawa Tengah dan memiliki harapan agar restoran kami banyak digandrungi dan dikunjungi oleh pelanggan. Moro berasal dari bahasa Jawa yang berari “datang”, yang dalam penafsiran dan harapan kami bahwa penamaan tersebut dapat menarik minat banyak pelanggan.

Dan yang paling penting dari bisnis kuliner ini adalah kami ingin memperkenalkan sebuah konsep baru tentang makanan bagi para pecinta kuliner. Selain itu, kami juga akan selalu mengedepankan kualitas, rasa, nilai gizi, serta kepuasan pelanggan. Kami juga tidak hanya ingin melestarikan makanan Indonesia melalui menu yang tersedia tetapi juga memperkenalkan makanan-makanan dari belahan dunia lain agar menambah pengetahuan masyarakat Indonesia akan beragam jenis menu khas dari negara lain.


II.    MANFAAT USAHA

      Berikut ini manfaat dari ide usaha kuliner kami dari segi ekonomi dan sosial:

A.   EKONOMI
Dilihat dari segi ekonomi, bisnis kuliner ini sangat menjanjikan dan dapat memudahkan para pecinta kuliner untuk menikmati makanannya dengan konsep yang unik. Serta dapat menikmati makanan-makanan dari beberapa negara terpilih. Jenis dan harga makanannya pun bervariasi dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Dengan didirikannya restoran ini, juga dapat membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dengan mempekerjakan ± 22 orang yang terdiri dari: 7 pelayan khusus pengantar makanan, 4 orang koki ahli dan 2 orang asisten koki (selengkapnya dapat dilihat dalam tabel perencanaan anggaran yang telah tercantum di bagian akhir).

B.   SOSIAL
Dari segi sosial, bisnis kuliner ini memiliki target pasar (sasaran pelanggan) tertentu yang tentunya tidak akan mengusik para pelanggan dari pihak kompetitor dari bidang bisnis yang sama yaitu di bidang kuliner.
Bisnis kuliner yang satu ini juga dapat menambah wawasan para pelanggan mengenai beragam kuliner yang tersaji sesuai negara-negara asal dari kostum-kostum bertema around the world, classic, and futuristic yang tersedia di restoran dan juga mengenai kostum tradisional Indonesia yang memang dari negeri sendiri serta dari luar negeri.


III.        RUMUSAH MASALAH

1.     Apakah keunggulan dari “COSTUME DISH MORO”?
2.     Siapakah segmentasi pasar dari “COSTUME DISH MORO”?
3.     Bagaimana langkah-langkah promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan serta menarik minat masyarakat agar tidak segan dan tidak bosan untuk datang ke “COSTUME DISH MORO”?


IV.     PRODUK

       COSTUME DISH MORO ini bukanlah sekedar tempat makan biasa. Tempat ini akan menjadi sangat menarik bagi para pecinta kuliner dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Rencananya, menu yang tersedia di sini tidak hanya menu makanan Indonesia tetapi juga menu makanan beberapa negara lain yang terpilih karena keunikan makanan dan kostum-kostumnya.

Beberapa contoh nama menu makanan yang akan disajikan oleh “COSTUME DISH MORO” di antaranya adalah:

a.  Dry Ramen Kagebunshin no Jutsu
Ramen tanpa kuah ini bernama salah satu jurus andalan Naruto yaitu jurus seribu bayangan yang bisa membantu Naruto untuk menggandakan dirinya. Dalam menu   ini, ramennya dibungkus dengan lembaran telur dadar yang akan membuat ramen tersembunyi dan menyimpan banyak rahasia di dalamnya. Membuat pelanggan akan penasaran apakah isi di dalamnya selain ramen.

b.     Rasengan Ramen
Rasengan ramen merupakan menu ramen lainnya yang mengutamakan cara makannya agar terasa lebih enak di lidah. Caranya pengujung harus memutar-mutar mie ramennya menggunakan sumpit dengan kecepatan tinggi seperti yang  dilakukan Naruto dalam jurus rasengannya.

c.      Rembo Chicken Race
Terinspirasi dari seekor ayam bernama Rembo peliharaan Atuk Dalang dalam serial kartun Upin Ipin asal Malaysia, kami mencoba menyajikan kuliner olahan ayam khas Malaysia “Ayam Goreng Mentega” tetapi menggunakan ayam-ayam lokal yang masih segar. Yang kemudian akan diolah oleh koki ahli restoran kami dengan teknik-teknik khusus agar menimbulkan cita rasa yang sama seperti dari negara asalnya.

Penamaan menunya juga tidak sama persis seperti menu asalnya karena menu ini bisa jadi nantinya akan menjadi sesuatu yang biasa-biasa saja. Bertolak belakang dengan itu, kami ingin menyajikan sesuatu yang luar biasa dan menarik untuk para pelanggan yang lapar namun tidak meninggalkan ciri khas makanan dari negeri asalnya. Karena itulah, menu tersebut kami variasikan sedikit dari bentuk aslinya namun tetap mempertahankan cita rasa ala Malaysia-nya. Penambahan “Race”  juga dimaksudkan karena pelanggan dipastikan akan berlomba-lomba untuk segera menghabiskan hidangan olaha ayam yang lezat ini. Ide olahan-olahan ayam ini awalnya berasal dari usulan sang pemilik ide “PODO MORO”.

Dalam jangka waktu tertentu (± seminggu hingga dua minggu sekali) pihak restoran akan mengganti tema kostum dan juga dekorasinya agar selalu sesuai dengan tema kostumnya. Misalnya, ketika pelanggan datang dan di luar restoran terdapat beberapa Naruto yang sedang menggunakan jurus seribu bayangan untuk menggandakan diri dan menyambut pelanggan, maka tema hari itu adalah kostum dari anime Naruto. Seluruh staff akan mengenakan kostum dengan karakter yang berbeda-beda dan akan bertingkah laku layaknya tokoh-tokoh yang kostumnya mereka kenakan. Restoran akan berusaha untuk terus mengembangkan kreatifitas, variasi, dan inovasi agar terus menarik pengunjung untuk datang dan tidak mudah bosan.


Berikut beberapa keunggulan dari restoran “COSTUME DISH MORO” ini:

1.     Restoran ini menyediakan makanan-makanan dengan mutu serta kebersihannya yang terjamin dan juga rasa yang tidak hanya enak tetapi juga unik dan pastinya bergizi serta menjamin kehalalan makanannya. List menunya pun bervariasi dan tidak hanya menyediakan makanan-makanan terbaik dari Indonesia tetapi juga dari beberapa negara terpilih yang memiliki menu-menu unik seperti dari Jepang, Korea, Taiwan, China, Thailand, Eropa, Amerika, dan lain-lain.

2.     Restoran ini mudah dijangkau oleh para pelanggan karena letaknya yang strategis berada di dekat pusat kota serta berada pada trayek angkutan umum untuk pelanggan yang tidak menggunakan kendaraan pribadi.

3.     Meskipun restoran ini berada di dekat pusat kota, restoran ini juga akan mengusung konsep go green dengan menanami pepohonan di sekitar restoran juga menggunakan produk-produk pendukung restoran yang ramah lingkungan.

4.     Pelanggan tidak hanya disuguhi oleh keunikan dekorasi ruangan serta seluruh staffnya yang mengenakan kostum, tetapi pelanggan juga dapat meminjam berbagai macam kostum (untuk semua umur dan segala ukuran) yang telah disediakan oleh pihak restoran dan dapat dipinjam secara gratis dengan syarat tertentu.

5.     Pengunjung dapat mengambil foto bersama teman-teman, pasangan atau pun keluarga di beberapa spot cantik yang telah disediakan oleh pihak restoran (taman bunga, miniatur bangunan kota-kota tertentu atau icon kota tertentu di luar negeri, kebun organik, pemandangan alam, atau indoor studio yang berada di dalam restoran, dan lain-lain) mereka dapat menyewa jasa fotografer di restoran yang biayanya sudah termasuk untuk cetak foto atau bisa juga menggunakan kamera Polaroid yang disediakan restoran juga bisa menggunakan kamera ponsel sendiri yang tidak dipungut biaya. Jika memilih kamera Polaroid, pengunjung dapat menggantungkannya sebagai kenang-kenangan di photo hanger yang telah tersedia di pintu masuk dan beberapa tempat di restoran.

6.     Restoran ini juga setiap minggu atau setiap bulannya akan mengadakan kompetisi untuk pelanggan (antar teman, pasangan, atau keluarga) yang berhadiah gratis foto bersama yang nantinya akan dicetak ke dalam sebuah album atau gratis mendapatkan satu buah baju unik dari tokoh-tokoh yang ada dan juga voucher makan.

7.     Restoran ini menyediakan toko yang terletak dekat pintu masuk agar mudah dilihat dan dijangkau serta menarik para pelanggan. Toko ini menyediakan souvenir serta menjual berbagai macam kostum yang telah dikemas secara apik, rapi, dan menawarkan harga yang masuk akal sesuai dengan kostum yang terjamin mutunya.

V.     ANALISIS SWOT

A.   FAKTOR INTERNAL

KEKUATAN
ü Restoran ini memiliki keunikan dari segi menu makanan dan konsep pelayanannya yang tidak ada di restoran-restoran lain.
ü Restoran ini menjamin kualitas, rasa, nilai gizi, serta kepuasan pelanggan dan juga kehalalan makanannya karena restoran ini berdiri di negara yang memiliki mayoritas beragama Islam.

KELEMAHAN
Tidak semua lidah orang Indonesia cocok dengan makanan asal negeri lain, sebab itu pihak restoran akan berusaha menyesuaikan beberapa menu yang bahannya dapat disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

B.   FAKTOR EKSTERNAL

KEKUATAN
ü Restoran ini didukung oleh beberapa komunitas pecinta cosplay dan kostum yang dapat membantu mempromosikan restoran ini.
ü Restoran ini juga didukung oleh para pecinta kuliner unik yang juga tergabung dalam kaum netizen sehingga dapat membantu mempromosikan restoran melalui akses dunia maya yang tidak terbatas jangkauannya. Sehingga semua orang dapat mengakses info mengenai restoran kami.

KELEMAHAN
Tidak semua orang menyukai cosplay dan tokoh-tokoh dari dunia dongen atau perfilman, bahkan banyak juga yang belum mengetahui soal tokoh-tokoh tersebut.

VI.        RENCANA USAHA

Setelah mengamati perkembangan restoran dan pertambahan pelanggan serta meningkatnya penjualan baik dari menu dan juga kostum setelah ± satu tahun. Maka pihak restoran akan menambahkan beberapa strategi baru untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas restoran dan meningkatkan pelayanan untuk kepuasan pelanggan serta penambahan laba bagi restoran.

Restoran juga akan bekerja sama dengan beberapa sponsor, produk-produk tertentu agar dapat terus mengembangkan restoran menjadi restoran terbaik untuk para pelanggan. Tidak dipungkiri untuk restoran membuka cabang di daerah atau kota-kota lain di Indonesia dan restoran berharap agar dapat go internasional dan membuka cabang di luar negeri. Disamping untuk meningkatkan penjualan juga sekaligus dapat “mempromosikan” kuliner Indonesia kepada negara lain.

VII.    ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

A.   TARGET PASAR
Target pasar dari restoran ini adalah seluruh kalangan menengah ke atas.

B.    PESAING
Karena makan adalah kebutuhan pokok manusia, maka tidak heran jika restoran “COSTUME DISH MORO” akan memiliki banyak pesaing. Tetapi adanya kehadiran pesaing justru membuat kami semakin terpacu untuk bersaing secara sehat dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas restoran.

C.    SASARAN PEMBELI
Restoran ini menargetkan sasaran pembeli dari seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

D.   STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran restoran “COSTUME DISH MORO” ini adalah:

1.     Memasang iklan di banner, baliho, maupun melalui berita kuliner di televisi.

2.  Memberikan selebaran kepada pelanggan yang berlalu lalang atau mendirikan stand di luar restoran.

3.  Mengadakan acara tertentu seperti perlombaan makan yang berhadiah kostum atau voucher makan gratis.

4.     Mengikuti gelaran kuliner yang diadakan oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga tertentu.

5.     Bekerjasama dengan netizen dan pecinta cosplay dan tokoh-tokoh kartun, film, dan lain-lain untuk mempromosikan kepada penggemar tokoh-tokoh tersebut untuk datang ke restoran (bisa juga dikatakan sebagai strategi dari mulut ke mulut).

6.     Mendaftarkan restoran pada situs-situs pencarian restoran yang kian marak dan sedang booming di kalangan netizen dan masyarakat gadget. Misalnya pada Zomato.com, sebuah situs yang diciptakan untuk membantu orang menemukan dan menghubungkan dengan tempat makan terbaik di sekitar mereka. Sejenis dengan Zomato.com, ada juga situs dan beberapa aplikasi yang tersedia di Appstore atau Google Playstore lainnya seperti Abraresto.com, OpenRice.com, Makan di Mana, Qraved, MakanLuar.com, Food Panda, Klik-Eat.com, Raja-Makan.co.id, dan lain-lain.

7.     Membuat situs khusus restoran sendiri dengan nama domain atau URL www.CDMrestaurant.com untuk memudahkan pelanggan mencari tahu segala informasi mengenai restoran kami dan bisa juga untuk reservasi tempat. Untuk pemesanan makanan dapat juga melalui telepon. Kami juga akan ikut membaur bersama netizen melalui akun jejaring sosial facebook, twitter, dan instagram agar bisa lebih dekat dengan masyarakat gadget.

VIII.     LANGKAH-LANGKAH PROMOSI

Berikut langkah-langkah promosi yang diusung oleh restoran “COSTUME DISH MORO” yaitu:

1.     Mendirikan stand di luar restoran untuk mengadakan lomba makan yang berhadiah kostum atau voucher makan gratis.

2.     Mendatangi acara-acara seperti J-culture dan lain-lain untuk mempromosikan secara langsung pada penggemar cosplay dan tokoh-tokoh kartun, film, dan lain-lain.

3.     Memberikan diskon di hari-hari tertentu untuk para pelanggan.

4.     Membuka penyewaan gedung restoran untuk acara-acara tertentu.

IX.     ANALISIS OPERASIONAL

          Apabila restoran “COSTUME DISH MORO” ini dapat menghasilkan laba yang lumayan bagus setelah ± dua tahun bisnis ini berjalan, maka restoran telah balik modal. Dan jika usaha ini terus berkembang dan dapat diterima oleh masyarakat luas maka restoran masih terus dapat bertahan dan hanya perlu mengembangkan ide-ide baru agar usaha ini terus berjalan dan tidak mengalami rugi.

RENCANA ANGGARAN

Modal Awal yang dibutuhkan:
A: Rp 100 juta (pemilik ide “COSTUME DISH”)
B: Rp 100 juta (pemilik ide “PODO MORO”)
C: Rp 200 juta (investor / pinjaman)
       ────────── +
      Jumlah: Rp 400 juta


No.
Kebutuhan Peralatan Restoran
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Mesin kasir
1 buah
Rp 5.000.000
Rp 5.000.000
2
Meja
7 buah
Rp 1.500.000
Rp 10.500.000
3
Semua Kebutuhan Dekorasi
-
Rp 3.000.0000
Rp 30.000.000
4
Telepon
2 buah
Rp 200.000
Rp 400.000
5
Kursi
35 buah
Rp 100.000
Rp 3.500.000
Jumlah
Rp 49.400.000

       
Tabel 1.1 Kebutuhan Peralatan Restoran

No.
Kebutuhan Costume Shop
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Manekin
2 buah
Rp 2.500.000
Rp 5.000.000
2
Kostum
300 buah
Rp 50.000
Rp 15.000.000
3
Kantong untuk kostum
100 buah
Rp 10.000
Rp 1.000.000
4
Tempat untuk memajang kostum
5 buah
Rp 200.000
Rp 1.000.000
Jumlah
Rp 22.000.000

Tabel 1.2 Kebutuhan Costume Shop

No.
Kebutuhan Costumer Rooms & Facilities
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Wi-Fi Connection
1 router
Rp 5.000.000
Rp 5.000.000
2
Photo hanger
20 meter
Rp 5.000 per meter
Rp 100.000
3
Penjepit foto
100 buah
 Rp 2.000
Rp 200.000
4
Plug (charger)
20 buah
Rp 25.000
Rp 500.000
5
Free Snack (4 jenis snack)
4 jenis
Rp 100.000
Rp 400.000
6
Snack Case
4 buah
Rp 100.000
Rp 400.000
7
AC (Air Conditioner)
5 buah
Rp 1.500.000
Rp 7.500.000
8
Kipas Angin
2 buah
Rp 250.000
Rp 500.000
9
TV Karaoke
7 buah
Rp 1.000.000
Rp 7.000.000
10
Speaker
10 buah
Rp 100.000
Rp 1.000.000
11
Wastafel
7 buah
Rp 300.000
Rp 2.100.000
12
Toilet Duduk
2 buah
Rp 1.500.000
Rp 3.000.000
13
Toilet Jongkok
1 buah
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
14
Lampu
20 buah
Rp 20.000
Rp 400.000
Jumlah
Rp 29.100.000

Tabel 1.3 Kebutuhan Costumer Rooms & Facilities


No.
Kebutuhan Promosi
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Poster
50 buah
Rp 100.000
Rp 5.000.000
2
Banner
10 buah
Rp 200.000
Rp 2.000.000
3
Baliho
1 buah
Rp 500.000
Rp 500.000
4
Neon Box
1 buah
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
5
Selebaran (pamflet)
100 lembar
Rp 5.000
Rp 500.000
Jumlah
Rp 9.000.000

Tabel 1.4 Kebutuhan Promosi


No.
Lain-lain
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Biaya Listrik
-
-
Rp 2.000.000
2
Biaya Air
-
-
Rp 2.000.000
3
Biaya Telepon
-
-
Rp 2.000.000
Jumlah
Rp 6.000.000

Tabel 1.5 Kebutuhan Lainnya

No.
Kebutuhan Makanan & Peralatan Dapur
Jumlah Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Semua jenis bumbu dapur menu Indo
-
-
Rp 10.000.000
2
Semua jenis bumbu dapur menu AT & ME*
-
-
Rp 20.000.000
3
Semua jenis bumbu dapur menu West
-
-
Rp 20.000.000
4
Bahan utama menu Indonesia
-
-
Rp 15.000.000
5
Bahan utama menu AT & ME*
-
-
Rp 20.000.000
6
Bahan utama menu West
-
-
Rp 20.000.000
7
Bahan untuk menu Dessert
-
-
Rp 10.000.000
8
Menu Book
14 buah
Rp 100.000
Rp 1.400.000
9
Kompor Gas
5 buah
Rp 300.000
Rp 1.500.000
10
Gas LPG ukuran 50kg
2 buah
Rp 500.000
Rp 1.000.000
11
Kulkas (Lemari Pendingin)
2 buah
Rp 20.000.000
Rp 40.000.000
12
Kitchen Set
1 set
Rp 10.000.000
Rp 10.000.000
13
Microwave
1 buah
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
14
Oven
3 buah
Rp 2.000.000
Rp 6.000.000
15
Ricecooker
2 buah
Rp 250.000
Rp 500.000
16
Blender
3 buah
Rp 500.000
Rp 1.500.000
17
Mixer
2 buah
Rp 500.000
Rp 1.000.000
18
Penggorengan
3 buah
Rp 200.000
Rp 600.000
19
Panci
3 buah
Rp 200.000
Rp 600.000
20
Teflon
5 buah
Rp 200.000
Rp 1.000.000
21
Piring saji
35 buah
Rp 50.000
Rp 1.750.000
22
Piring & mangkuk dessert
30 buah
Rp 20.000
Rp 600.000
23
Gelas
35 buah
Rp 30.000
Rp 1.050.000
24
Pisau
20 buah
Rp 10.000
Rp 200.000
25
Sendok
35 buah
Rp 10.000
Rp 350.000
26
Garpu
35 buah
Rp 10.000
Rp 350.000
27
Spatula
3 buah
Rp 50.000
Rp 150.000
28
Serok
3 buah
Rp 30.000
Rp 90.000
29
Sedotan (50 buah per bungkus)
3 bungkus
Rp 10.000
Rp 30.000
30
Scoop Ice Cream
5 buah
Rp 25.000
Rp 125.000
31
Kocokan telur
5 buah
Rp 20.000
Rp 100.000
32
Pemanggang roti
2 buah
Rp 1.500.000
Rp 3.000.000
33
Baskom
5 buah
Rp 10.000
Rp 50.000
34
Loyang
10 buah
Rp 20.000
Rp 200.000
35
Nampan
20 buah
Rp 20.000
Rp 400.000
36
Sendok sayur
2 buah
Rp 150.000
Rp 300.000
Jumlah
Rp 191.345.000

Tabel 1.6 Kebutuhan Makanan & Peralatan Dapur

No.
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
Jumlah Org/Benda
Harga Satuan
Harga Keseluruhan
1
Seragam Chef
10 buah
Rp 200.000
Rp 2.000.000
2
Chef Spesial Menu Indonesia
1 orang
Rp 10.000.000
Rp 10.000.000
3
Chef Spesial Menu AT & ME*
1 orang
Rp 10.000.000
Rp 10.000.000
4
Chef Spesial Menu West
1 orang
Rp 10.000.000
Rp 10.000.000
5
Assisten Chef
2 orang
Rp 5.000.000
Rp 10.000.000
6
Chef Spesial Menu Dessert
1 orang
Rp 8.000.000
Rp 8.000.000
7
Seragam Karyawan
20 buah
Rp 150.000
Rp 3.000.000
8
Karyawan (to Serve)
5 orang
Rp 700.000
Rp 3.500.000
9
Karyawan (to be cashier)
2 orang
Rp 700.000
Rp 1.400.000
10
Karyawan (to wait the costume shop)
3 orang
Rp 700.000
Rp 2.100.000
11
Karyawan (to manage reservation & greet the costumer)
2 orang
Rp 700.000
Rp 1.400.000
12
Karyawan (Clean the rooms and wash the dish)
4 orang
Rp 700.000
Rp 2.800.000
13
Fotografer lepas
1 orang
Rp 5.000.000
Rp 5.000.000
Jumlah
22 orang
Rp 68.800.000

Tabel 1.7 Kebutuhan Sumber Daya Manusia


                        *AT: Asia Tenggara & ME: Middle East

No.
Kebutuhan
Biaya
1
Kebutuhan Peralatan Restoran
Rp 49.400.000
2
Kebutuhan Costume Shop
Rp 22.000.000
3
Kebutuhan Costumer Rooms & Facilities
Rp 29.100.000
4
Kebutuhan Promosi
Rp 9.000.000
5
Lain-lain
Rp 6.000.000
6
Kebutuhan Makanan & Peralatan Dapur
Rp 191.345.000
7
Kebutuhan Sumber Daya Manusia
Rp 68.800.000
Jumlah
Rp 375.645.000







                                
  Tabel 1.8 Biaya Kebutuhan Keseluruhan








Meilani Yunda Pratiwi (14612527) & Triswati (17612484)
3 SA 04
Komunikasi Bisnis #Softskill

Contact Person:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.