Harapan itu selalu ada untuk orang-orang yang tidak mudah menyerah! Semangaaaaaaaaaaaaaat! :)

Selasa, 02 April 2013

OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCI


OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCI
         



Taman Wisata Air Panas Guci yang dikenal juga dengan sebutan Guci Indah ini merupakan salah satu Obyek Wisata Pemandian Air Panas. Objek wisata ini terletak di Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Guci, Bumijawa. Karena letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet maka udara di sini sangat sejuk. Kawasan wisata seluas 125 hektar ini berada sekitar ± 40 Kilometer dari Kota Tegal. Jika menggunakan kendaraan pribadi maupun umum seperti angkot maupun Bus ¾ yang biasa disebut Bus Tuyul oleh masyarakat sekitar, dapat ditempuh dalam waktu ± 1 Jam. Kita bisa naik bus ¾ itu dari terminal Tegal atau pun terminal slawi.
Setelah sumber air panas di Obyek wisata Guci dilakukan penelitian dan hasilnya tidak mengandung racun. Selanjutnya pada tahun 1974 Obyek Wisata Guci pun dibuka untuk umum.





          Ketika memasuki pintu gerbang, jangan lupa untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu.
Dewasa        Rp. 6.000,- (sudah termasuk jasa raharja dan tiket parkir)
Anak-anak     Rp. 5.500,-
Saat hari libur: Dewasa          Rp. 7.500,-
                       Anak-anak               Rp. 6.500,-
Obyek wisata ini memiliki air terjun dan sumber mata air panas yang mengalir deras di beberapa anak sungai. Obyek wisata Guci yang utama adalah 10 air terjun sebagai sumber mata air panas. Masyarakat sekitar percaya jika air panas ini dapat mengobati berbagai macam penyakit terutama penyakit kulit.



Lazimnya air panas bumi itu mengandung belerang, tapi air panas di Guci justru tidak mengandung belerang. Mungkin hal ini yang membuat tempat wisata ini berbeda dari yang lain. Air panas itu mengalir dari sumber air, antara lain yang dinamai Jedor, Sigedong, Pengantian, Kembar, Capit Urang, Sengang, Konyal, Kesepuhan, Pengasihan, dan Teyeng. Sumber air atau tuk itu terpelihara sehingga meski kemarau, airnya masih mengalir jernih. Dari sejumlah lokasi pemandian air panas, terdapat lokasi favorit wisatawan, yaitu kolam alami pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5. Lokasi ketiga pancuran ini berdekatan di bawah Air Terjun Sigedong dan Kembar.
Sebagai salah satu tempat rekreasi yang terkenal di Jawa Tengah, Guci banyak dikunjungi wisatawan lokal pada hari libur. Tapi Guci akan sangat penuh. Jika kita tidak ingin berwisata dengan pengunjung Guci yang terlalu banyak maka datanglah pada hari selain hari libur umum.
          Kita dapat langsung bermain air panas di sungai sumber air panas. Kita juga bisa menggunakan fasilitas kamar mandi, kolam renang air panas yang berasal dari sumber air panas Guci dengan biaya tambahan. Selain itu di Guci juga terdapat banyak villa dan penginapan yang cukup terjangkau. Ada juga tempat rekreasi lainnya untuk keluarga seperti wisata hutan, out bond, dan kebun strawberry. Obyek Wisata Guci ini bisa menjadi salah satu pilihan kita untuk mengisi liburan.



source: ceritawisata.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.