TUGAS 2 (pertanyaan
pertama) – KEPARIWISATAAN #Softskill
1. Sarana
dan prasarana pariwisata yang seperti apa yang menurut Anda ideal dan memuaskan
wisatawan ?
Jawab:
Saya
setuju dengan James J. Spillane. Menurut James J. Spillane (1994: 63-72) suatu
obyek wisata atau destination, harus meliputi 5 (lima) unsur yang penting agar
wisatawan dapat merasa puas dalam menikmati perjalanannya dengan sarana dan
prasarananya, maka obyek wisata harus meliputi :
1. Attractions
Merupakan
pusat dari industri pariwisata. Menurut pengertiannya attractions mampu menarik
wisatawan yang ingin mengunjunginya. Motivasi wisatawan untuk mengunjungi suatu
tempat tujuan wisata adalah untuk memenuhi atau memuaskan beberapa kebutuhan
atau permintaan. Biasanya mereka tertarik pada suatu lokasi karena ciri- ciri
khas tertentu. Ciri-ciri khas yang menarik wisatawan adalah :
a) Keindahan
alam.
b) Iklim dan
cuaca.
c) Kebudayaan.
d) Sejarah.
e)
Ethnicity-sifat kesukuan.
f)
Accessibility-kemampuan atau kemudahan berjalan atau ketempat tertentu.
2. Facility
Fasilitas
cenderung berorientasi pada attractions disuatu lokasi karena fasilitas harus
dekat dengan pasarnya. Fasilitas cenderung mendukung bukan mendorong
pertumbuhan dan cenderung berkembang pada saat yang sama atau sesudah
attractions berkembang. Suatu attractions juga dapat merupakan fasilitas.
Jumlah dan jenis fasilitas tergantung kebutuhan wisatawan. Seperti
fasilitas
harus cocok dengan kualitas dan harga penginapan, makanan, dan minuman yang
juga cocok dengan kemampuan membayar dari wisatawan yang mengunjungi tempat
tersebut.
3. Infrastructure
Attractions
dan fasilitas tidak dapat tercapai dengan mudah kalau belum ada infrastruktur
dasar. Infrastruktur termasuk semua konstruksi di bawah dan di atas tanah dan
suatu wilayah atau daerah. Yang termasuk infrastruktur penting dalam pariwisata
adalah :
a) Sistem
pengairan/air
Kualitas air yang
cukup sangat esensial atau sangat diperlukan.
Seperti
penginapan membutuhkan 350 sampai 400 galon air per
kamar per hari.
b) Sumber listrik
dan energi
Suatu
pertimbangan yang penting adalah penawar tenaga energi yang tersedia pada jam
pemakaian yang paling tinggi atau jam puncak (peak hours). Ini diperlukan
supaya pelayanan yang ditawarkan terus menerus.
c) Jaringan
komunikasi
Walaupun
banyak wisatawan ingin melarikan diri dari situasi biasa yang penuh dengan
ketegangan, namun ada juga sebagian yang masih membutuhkan jasa-jasa telepon
dan/atau telgram yang tersedia.
d) Sistem
pembuangan kotoran/pembuangan air
Kebutuhan
air untuk pembuangan kotoran memerlukan kira-kira 90 % dari permintaan akan
air. Jaringan saluran harus didesain berdasarkan permintaan puncak atau
permintaan maksimal.
e) Jasa-jasa
kesehatan
Jasa
kesehatan yang tersedia akan tergantung pada jumlah tamu yang diharapkan,
umumnya, jenis kegiatan yang dilakukan atau faktor-faktor geografis lokal.
f)
Jalan-jalan/jalan raya
Ada beberapa cara
membuat jalan raya lebih menarik bagi wisatawan :
- Menyediakan
pemandangan yang luas dari alam semesta.
- Membuat jalan
yang naik turun untuk variasi pemandangan.
- Mengembangkan
tempat dengan pemandangan yang indah.
-
Membuat jalan raya dengan dua arah yang terpisah tetapi sesuai dengan keadaan
tanah.
-
Memilih pohon yang tidak terlalu lebat supaya masih ada pemandangan yang indah.
4. Transportation
Ada
beberapa usul mengenai pengangkutan dan fasilitas yang dapat menjadi semacam
pedoman termasuk :
a)
Informasi lengkap tentang fasilitas, lokasi terminal, dan pelayanan
pengangkutan lokal ditempat tujuan harus tersedia untuk semua penumpang sebelum
berangkat dari daerah asal.
b) Sistem
keamanan harus disediakan di terminal untuk mencegah kriminalitas.
c)
Suatu sistem standar atau seragam untuk tanda-tanda lalu lintas dan
simbol-simbol harus dikembangkan dan dipasang di semua bandar udara.
d)
Sistem informasi harus menyediakan data tentang informasi pelayanan
pengangkutan lain yang dapat dihubungi diterminal termasuk jadwal dan tarif.
e)
Informasi terbaru dan sedang berlaku, baik jadwal keberangkatan atau kedatangan
harus tersedia di papan pengumuman, lisan atau telepon.
f) Tenaga kerja
untuk membantu para penumpang.
g)
Informasi lengkap tentang lokasi, tarif, jadwal, dan rute dan pelayanan
pengangkutan lokal.
h) Peta kota
harus tersedia bagi penumpang.
5. Hospitality
(keramahtamahan)
Wisatawan
yang sedang berada dalam lingkungan yang belum mereka kenal maka menginginkan
kepastian akan jaminan keamanan, karena itu sangat penting, khususnya wisatawan
asing.
Dalam
melakukan pengembangan pariwisata,
tentu tidak lepas dari peran organisasi kepariwisataan. Dalam tulisan ini yang
dimaksudkan atau di titik beratkan yakni pada organisasi kepariwisataan
pemerintah, yaitu Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Disparbud) mempunyai
tugas dan wewenang serta kewajiban untuk mengembangkan dan memanfaatkan aset
daerah yang berupa obyek-obyek wisata.
Sebagaimana
suatu organisasi yang diberi wewenang dalam pengembang
pariwisata
diwilayahnya, maka ia harus menjalankan kebijakan yang paling menguntungkan
bagi daerah dan wilayahnya, karena fungsi dan tugas dari organisasi pariwisata
pada umumnya adalah :
1.
Berusaha memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke
daerahannya dengan segala fasilitas dan potensi yang dimilikinya.
2. Melakukan
koordinasi diantara bermacam-macam usaha, lembaga,
instansi
dan jawatan yang ada dan bertujuan untuk mengembangkan industri pariwisata.
3.
Mengusahakan memasyarakatkan pengertian pariwisata pada orang banyak, sehingga
mereka mengetahui untung dan ruginya bila pariwisata dikembangkan sebagai suatu
industri.
4.
Mengadakan program riset yang bertujuan untuk memperbaiki produk wisata dan
pengembangan produk-produk baru guna dapat menguasai pasaran diwaktu-waktu yang
akan datang.
5.
Menyediakan semua perlengkapan dan fasilitas untuk kegiatan pemasaran
pariwisata, sehingga dapat diatur strategi pemasaran keseluruh wilayah.
6.
Merumuskan kebijakan tentang pengembangan kepariwisataan berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan secara teratur dan berencana.
Oleh
karena itu peranan organisasi kepariwisataan pemerintah – Disparbud merupakan
salah satu hal utama dalam pengembangan pariwisata
Selain
itu perlu pula disiapkan beberapa hal, seperti sumber daya yang ada,
mempersiapkan masyarakatnya serta kesiapan sarana penunjang lainnya, karena
bagaimanapun juga wisatawan menghendaki pelayanan yang memuaskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.