Harapan itu selalu ada untuk orang-orang yang tidak mudah menyerah! Semangaaaaaaaaaaaaaat! :)

Senin, 06 April 2015

KOMUNIKASI BISNIS

KOMUNIKASI BISNIS

PENGERTIAN KOMUNIKASI

        Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), komunikasi memiliki arti “kontak, hubungan, penyampaian dan penerimaan pesan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang meyakinkan pesan itu bisa diterima atau dipahami perhubungannya”.

Sedangkan menurut Himstreet dan Baty dalam Business Communications: Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan. Sementara itu menurut Bovee, komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan. Pada umumnya, pengertian komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau lebih, dan proses pemindahan pesannya dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara berkomunikasi yang bisa dilakukan oleh seseorang melalui lisan, tulisan, maupun sinyal-sinyal nonverbal. (Djoko Purwanto:2006)

Intinya adalah dalam proses komunikasi baik secara interaksi maupun non-iteraksi haruslah menimbulkan timbal-balik satu sama lain.

PENGERTIAN BISNIS

        Menurut KBBI, bisnis memiliki arti “usaha komersial, usaha dagang”. Dalam kacamata ilmu ekonomi, bisnis adalah lembaga, badan, atau organisasi yang memiliki aktivitas menjual produk atau jasa kepada konsumen. Dapat dikatakan bahwa bisnis adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan laba. Secara umum bisnis memang kegiatan untuk mendapatkan keutungan bagi pemilik bisnisnya, bisa dilihat dalam sudut pandang kapitalis. Dalam bisnis, melulu yang dikejar adalah keuntungan. Namun, bukan menjadi harga mati.

PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS

        Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia bisnis, seorang komunikator yang baik di samping harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik (tentu saja), juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat untuk media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektif dan efisien, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai.

ANALISIS
Kegiatan komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan keahlian mengolah interaksi baik secara verbal maupun non-verbal terutama dalam urusan bisnis. Dalam bisnis, komunikasi dapat membantu untuk menyampaikan pesan bisnis yang dapat memudahkan para pengusaha atau pebisnis.

MENGANALISA DAN MEMILIH SALAH SATU PERUSAHAAN TERNAMA DI INDONESIA

Selama ini saya hanya tahu semakin banyak penulis yang terus menghasilkan karya dan menerbitkannya, lalu saya hanya tinggal memilih dari ratusan buku yang terpajang di toko buku dengan berbagai genre dan cover-cover yang menarik untuk di beli. Tetapi saya belum pernah mengetahui secara langsung bagaimanakah proses penerbit menerbitkan buku dan mengolahnya hingga sampai buku yang diterbitkan itu terpajang rapi di toko-toko buku. Itulah salah satu alasan saya tertarik pada perusahaan penerbit.

Saya tertarik untuk bekerja di Kompas Gramedia karena mendapat informasi dari beberapa orang yang pernah mengajukan lamaran, bekerja, hingga yang hanya magang di perusahaan ini. Tetapi jika ditanya lebih spesifik, mungkin perusahaan yang ingin saya pilih di sini yaitu salah satu cabang atau yang mungkin bisa disebut sebagai “anak perusahaan” dari Kompas Gramedia yaitu PT Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Unit bisinis PT Gramedia Pustaka Utama didirikan pada tahun 1974 sebagai penerbit buku umum. Buku pertama yang diterbitkan yaitu novel Karmila karya Marga T, yang sebelumnya merupakan cerita bersambung di Harian KOMPAS. Produk penerbitan buku GPU kemudian mendapatkan respon positif dari masyarakat sehingga penerbitan bukunya merambah ke berbagai segmen seperti buku untuk anak-anak, novel, buku resep makanan, buku nonfiksi dan lain sebagainya hingga saat ini.

Mengapa saya tertarik memilih PT Gramedia Pustaka Utama?

Saya berasal dari jurusan sastra yang memang sejak awal menyukai hal-hal yang berbau penulisan, perbukuan, dan segala kaitannya dengan dunia buku. Apalagi setelah mendapat info dari beberapa orang yang menceritakan pengalaman bekerja di Kompas Gramedia, saya semakin tertarik dan penasaran tentunya. Terdapat banyak hal seru yang akan kita rasakan ketika kita sudah bekerja di sana. Sistem kerjanya yang katanya serius tetapi santai dan situasi kerja yang kekeluargaan serta welcome terhadap “orang baru” juga memacu keinginan saya untuk mencoba bekerja di sana. 
Meskipun ada juga rumor negatif yang saya dengar bahwa sistem kerja serius tapi santai itu hanya ada di bagian tertentu saja karena terdapat beberapa bagian yang memang pekerjaannya berada di bawah tekanan seperti deadline misalnya serta jarang adanya pelatihan atau workshop untuk pengembangan para pegawainya. Tetapi berita negatif itu tidak bisa mengalahkan rasa ketertarikan saya.

Yang saya ketahui PT Gramedia Pustaka Utama sendiri merupakan perusahaan penerbitan yang sudah berpengalaman dan sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk menerima naskah untuk diterbitkan pun tidak bisa sembarangan. Saya ingin berada di bagian yang menyeleksi naskah-naskah tersebut agar ketika buku-buku yang tersaji kepada masyarakat Indonesia terjaga dan terjamin kualitas dan kuantitasnya. Dan dapat mencerdaskan seluruh bangsa Indonesia.

Berikut beberapa kisah dari orang-orang yang pernah bekerja dan magang di Kompas Gramedia:



Meilani Yunda Pratiwi
14612527
3 SA 04

REFERENSI TULISAN

Ø E-learning gunadarma. PDF document entitled:  Bab8-proses_komunikasi_dalam_perusahaan.pdf (diunduh pada 03 April 2015)



Ø Purwanto, Djoko. M.B.A. 2006. Komunikasi Bisnis (Edisi Ketiga). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Diambil dari Digital Book yang diakses pada tanggal 21 Maret 2015 pukul 20:22 WIB melalui https://books.google.co.id/books?id=NqowMZkeX3AC&printsec=frontcover&dq=komunikasi+bisnis.pdf&hl=id&sa=X&ei=KGUNVdmaIcOyuASt8oJY&ved=0CCMQ6AEwAQ#v=onepage&q&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.