KOMUNIKASI BISNIS
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa
Indonesia), komunikasi memiliki arti
“kontak, hubungan, penyampaian dan
penerimaan pesan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang meyakinkan pesan
itu bisa diterima atau dipahami perhubungannya”.
Sedangkan
menurut Himstreet dan Baty dalam Business
Communications: Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu
melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyal-sinyal,
maupun perilaku atau tindakan. Sementara itu menurut Bovee, komunikasi adalah
suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan. Pada umumnya, pengertian
komunikasi ini paling tidak melibatkan dua orang atau lebih, dan proses
pemindahan pesannya dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara berkomunikasi
yang bisa dilakukan oleh seseorang melalui lisan, tulisan, maupun sinyal-sinyal
nonverbal. (Djoko Purwanto:2006)
Intinya adalah
dalam proses komunikasi baik secara interaksi maupun non-iteraksi haruslah
menimbulkan timbal-balik satu sama lain.
PENGERTIAN BISNIS
Menurut KBBI, bisnis memiliki arti “usaha
komersial, usaha dagang”. Dalam kacamata ilmu ekonomi, bisnis adalah lembaga, badan, atau organisasi yang memiliki
aktivitas menjual produk atau jasa kepada konsumen. Dapat dikatakan bahwa
bisnis adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan laba. Secara umum
bisnis memang kegiatan untuk mendapatkan keutungan bagi pemilik bisnisnya, bisa
dilihat dalam sudut pandang kapitalis. Dalam bisnis, melulu yang dikejar adalah
keuntungan. Namun, bukan menjadi harga mati.
PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi
bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal
untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia bisnis, seorang komunikator yang
baik di samping harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik (tentu saja),
juga harus mampu menggunakan berbagai macam alat untuk media komunikasi yang
ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain secara efektif dan
efisien, sehingga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai.
ANALISIS
Kegiatan
komunikasi bisnis merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan keahlian mengolah
interaksi baik secara verbal maupun non-verbal terutama dalam urusan bisnis.
Dalam bisnis, komunikasi dapat membantu untuk menyampaikan pesan bisnis yang
dapat memudahkan para pengusaha atau pebisnis.
MENGANALISA DAN MEMILIH SALAH SATU PERUSAHAAN
TERNAMA DI INDONESIA
Selama ini saya
hanya tahu semakin banyak penulis yang terus menghasilkan karya dan
menerbitkannya, lalu saya hanya tinggal memilih dari ratusan buku yang
terpajang di toko buku dengan berbagai genre dan cover-cover yang menarik untuk
di beli. Tetapi saya belum pernah mengetahui secara langsung bagaimanakah
proses penerbit menerbitkan buku dan mengolahnya hingga sampai buku yang
diterbitkan itu terpajang rapi di toko-toko buku. Itulah salah satu alasan saya
tertarik pada perusahaan penerbit.
Saya tertarik
untuk bekerja di Kompas Gramedia karena mendapat informasi dari beberapa orang
yang pernah mengajukan lamaran, bekerja, hingga yang hanya magang di perusahaan
ini. Tetapi jika ditanya lebih spesifik, mungkin perusahaan yang ingin saya
pilih di sini yaitu salah satu cabang atau yang mungkin bisa disebut sebagai “anak
perusahaan” dari Kompas Gramedia yaitu PT Gramedia Pustaka Utama (GPU).
Unit bisinis PT
Gramedia Pustaka Utama didirikan pada tahun 1974 sebagai penerbit buku umum.
Buku pertama yang diterbitkan yaitu novel Karmila karya Marga T, yang
sebelumnya merupakan cerita bersambung di Harian KOMPAS. Produk penerbitan buku
GPU kemudian mendapatkan respon positif dari masyarakat sehingga penerbitan
bukunya merambah ke berbagai segmen seperti buku untuk anak-anak, novel, buku
resep makanan, buku nonfiksi dan lain sebagainya hingga saat ini.
Mengapa saya
tertarik memilih PT Gramedia Pustaka Utama?
Saya berasal
dari jurusan sastra yang memang sejak awal menyukai hal-hal yang berbau
penulisan, perbukuan, dan segala kaitannya dengan dunia buku. Apalagi setelah
mendapat info dari beberapa orang yang menceritakan pengalaman bekerja di
Kompas Gramedia, saya semakin tertarik dan penasaran tentunya. Terdapat banyak
hal seru yang akan kita rasakan ketika kita sudah bekerja di sana. Sistem
kerjanya yang katanya serius tetapi santai dan situasi kerja yang kekeluargaan
serta welcome terhadap “orang baru”
juga memacu keinginan saya untuk mencoba bekerja di sana.
Meskipun ada juga
rumor negatif yang saya dengar bahwa sistem kerja serius tapi santai itu hanya
ada di bagian tertentu saja karena terdapat beberapa bagian yang memang
pekerjaannya berada di bawah tekanan seperti deadline misalnya serta jarang adanya pelatihan atau workshop untuk pengembangan para
pegawainya. Tetapi berita negatif itu tidak bisa mengalahkan rasa ketertarikan
saya.
Yang saya
ketahui PT Gramedia Pustaka Utama sendiri merupakan perusahaan penerbitan yang
sudah berpengalaman dan sudah dikenal luas di Indonesia. Untuk menerima naskah
untuk diterbitkan pun tidak bisa sembarangan. Saya ingin berada di bagian yang
menyeleksi naskah-naskah tersebut agar ketika buku-buku yang tersaji kepada
masyarakat Indonesia terjaga dan terjamin kualitas dan kuantitasnya. Dan dapat
mencerdaskan seluruh bangsa Indonesia.
Berikut beberapa
kisah dari orang-orang yang pernah bekerja dan magang di Kompas Gramedia:
Meilani Yunda Pratiwi
14612527
3 SA 04
REFERENSI TULISAN
Ø E-learning
gunadarma. PDF document entitled: Bab8-proses_komunikasi_dalam_perusahaan.pdf
(diunduh pada 03 April 2015)
Ø Purwanto,
Djoko. M.B.A. 2006. Komunikasi Bisnis
(Edisi Ketiga). Jakarta: Penerbit Erlangga. (Diambil dari Digital Book yang
diakses pada tanggal 21 Maret 2015 pukul 20:22 WIB melalui https://books.google.co.id/books?id=NqowMZkeX3AC&printsec=frontcover&dq=komunikasi+bisnis.pdf&hl=id&sa=X&ei=KGUNVdmaIcOyuASt8oJY&ved=0CCMQ6AEwAQ#v=onepage&q&f=false
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.